Surfing di Mentawai


Di milist Rantau@net lagi ramai membicarakan salah satu daerah tujuan pariwisata di Sumatera Barat yaitu Kepulauan Mentawai. Yang utama dibicarakan adalah olahraga surfing dan pemandangannya.

Kegiatan surfing di Mentawai ini hanya dikenal oleh para surfer luar negeri. Katanya banyak olahragawan internasional senang main kesana. Sayang para surfer lokal masih jarang. Kalau lihat di google memang kebanyakan orang bulenya.

Ombak di Mentawai merupakan terbagus no. 3 setelah Hawaii dan Tahiti. Berikut infromasi yang didapat dari situs mysurfbrand :

3. Lance’s Right, Indonesia - Remote and tucked away in the Mentawai Islands, Lance’s Rights (Hollow Trees) is a world class right hander breaking sharply over shallow coral reef. Optimal size is 4-8 ft and is harder to surf than the surf mags make it look. Typically, getting to Lance’s Right is a bit of a mission. Most people fly to Padang, stay overnight before catching a transfer out to the Mentawai Islands the next day. Its expensive too, Most people who surf the Mentawais go by charter boat and pay up to whopping $US450 per day! Take heart tho, you can do it cheaply aswell by staying in a camp up there.

Sedangkan Uluwatu-Bali dan Lakey Peak, Sumbawa-Indonesia termasuk perangkat ke 17 dan 19.Ombak yang bagus menurut Pak Rudi_silausumatra yang disampaikan di west-sumatra.com :
Di Mentawai dimulai pada awal Februari, bagi surfer best seasonnya itu pada bulan Mei, Juli, Agustus. Bulan September adalah saat paling ramai disana. Dan Kandui berada di Surf Playground Area yaitu di Siberut Selatan (Muara Siberut), banyak terdapat spot-spot wafe world class.
Untuk pemandangannya juga sangat bagus. Kebudayaan dan hutan masih bertahan dan asri.
Jika ingin lihat video para surfer luar negeri main ombak di Mentawai, bisa cari di youtube dengan kunci pencari “surf Mentawai”.
Kalau ingin mancing, disana olahraga yang juga menarik. Ikannya gede-gede.
Jadi … ga usah jauh-jauh kan ke luar negeri atau kalau sudah bosen ke Bali, coba datang ke Mentawai.
And … ini penting banget … JANGAN RUSAK ALAM DISANA. Belajar dari pengalaman di Nias, setelah dirusaknya alamnya pariwisata disana sudah tidak menarik dan sepi pengunjung.
Kalau ada yang ngerusakin, berurusan sama GW dan orang-orang di west-sumatra …. hehehe …
Sumber :
WavePark Mentawai
West-Sumatra.com
http://rickyds905.multiply.com
mentawaiisland.com

No comments:

Post a Comment