Provinsi Bengkulu

Bengkulu (dulu dikenal sebagai Bencoolen, Benkoelen, atau Bengkulen, beberapa menyebutnya Bangkahulu) adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatra Barat, di sebelah timur dengan Jambi dan Sumatra Selatan sedangkan di sebelah selatan dengan Lampung. Wilayah bagian Barat Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan Samudera Hindia membentuk pantai sepanjang 525 km. Di bagian Timur kondisi wilayahnya berbukit-bukit dengan dataran tinggi bukit barisan yang subur

Bengkulu memiliki obyek wisata yang beragam, baik wisata alam, budaya maupun sejarah. Wisata alamnya antara lain Bukit Kaba di Curup, Bukit Belerang Semaleko di Lebong Selatan, Bunga Raflesia Arnoldi di Taba Pananjung. Rekreasi pantainya antara lain pantai Panjang Nala di Gading Cempaka, pantai pasir putih Pulau Baai di Selebar, danau di Selebar, danau Tes di Lebong Selatan, cagar alam Pagar Gunung di Kepahyang, cagar alam Lubuk Tapi di Pino, dan sebagainya. Wisata budayanya antara lain kesenian Tabot, tarian rakyat Enggano, dan kerajinan kain Besurek. Wisata sejarahnya meliputi rumah peninggalan Bung Karno, Benteng Malborough, dan monumen Thomas Par di Teluk Segara.

Penduduk Provinsi Bengkulu berasal dari tiga rumpun suku besar terdiri dari Suku Rejang, Suku Serawai, Suku Melayu. Sedangkan lagu daerah yaitu Lalan Balek. Kain khas dari Bengkulu adalah Kain Besurek (kain bertuliskan huruf Arab gundul). Kepercayaan masyarakat di Provinsi Bengkulu umumnya agama Islam. Upacara adat juga banyak dilakukan masyarakat di Provinsi Bengkulu seperti Sunatan Rasul, upacara adat perkawinan, upacara mencukur rambut anak yang baru lahir.

Salah satu upacara tradisional adalah upacara TABOT yaitu suatu perayaan tradisional yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 Muharram setiap tahunnya, untuk memperingati gugurnya Hasan dan Husen cucu Nabi Muhammad SAW oleh keluarga Yalid dari kaum Syiah, dalam peperangan di Karbala pada tahun 61 Hijriah. Pada perayaan TABOT tersebut dilaksanakan berbagai pameran serta lomba Ikan-Ikan, Telong–Telong, serta kesenian lainnya yang diikuti oleh kelompok–kelompok kesenian yang ada di Provinsi Bengkulu, sehingga menjadikan ajang hiburan rakyat dan menjadi salah satu kalender wisatawan tahunan.

Salah satu ciri khas yang dikenal dari provinsi ini adalah keberadaan bunga Rafflesia. Rafflesia yang banyak dikenal masyarakat adalah jenis Rafflesia Arnoldii. Jenis ini hanya tumbuh di hutan sumatera bagian selatan, terutama Bengkulu. Satu tempat yang paling bagus dan mudah untuk menemukan bunga Rafflesia Arnoldii ini adalah di hutan sepanjang jalan Bengkulu Curup setelah Kepahyang. Di Bengkulu sendiri, bunga Rafflesia telah dijadikan sebagai motif utama Batik Besurek (batik khas Bengkulu) sejak lama.

No comments:

Post a Comment