Provinsi Riau

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi ini terletak di Pulau Sumatra dan beribukotakan Pekanbaru. Provinsi Riau di sebelah utara berbatasan dengan Selat Singapura dan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan (Provinsi Kepulauan Riau), dan di sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Riau memiliki beberapa agenda pariwisata yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun diantaranya Lomba Sampan Tradisional di sungai Siak Pekanbaru yang merupakan event di bulan Agustus, Mandi Potang Balimau yang dirayakan secara massal untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Menggaru Ikan di danau Bokuok Kampar dan Upacara Pacu Jalur di Taluk Kuantan yang merupakan sebuah event upacara tradisional yang mengandung nilai budaya dan olah raga.

Provinsi ini juga banyak memiliki obyek wisata alam diantaranya Hutan Wisata Wana Bhakti yang berguna sebagai paru-paru kota Pekanbaru dan sekitarnya untuk menangkal polusi akibat pertambangan minyak. Di selatan Pekanbaru tepatnya di daerah Sebanga Duri terdapat pusat penjinakan dan pelatihan gajah-gajah Riau. Selain itu tak lupa fenomena alam Bono Kuala Kampar yang merupakan deru air sungai Kampar yang bergulung seperti ombak besar yang muncul bersamaan dengan datangnya pasang besar. Adapun wisata pantai banyak terdapat di daerah Tanjung Pinang dan Batam dan salah satunya adalah pantai Nongsa yang indah dengan latar belakang pemandangan dan gedung-gedung pencakar langit Kota Singapura. Gemerlapan lampu-lampu pada malam hari di Kota Singapura, menambah indah pemandangan dari Pantai Nongsa.

Sedang di dalam kota Pekanbaru sendiri terdapat tempat-tempat penting antara lain Masjid Raya Pekabaru memiliki nilai arsitektur tradisional yang amat menarik dan merupakan mesjid tertua di kota Pekanbaru. Di areal masjid terdapat sebuah sumur yang mempunyai nilai magis, sering wisatawan mancanegara terutama wisatawan Malaysia mandi air sumur ini untuk membayar niat atau nazar yang dihajadkan sebelumnya. Masih dalam areal Masjid Raya Pekanbaru kita dapat mengunjungi makam Sultan Marhum Bukit dan makam Marhum Pekan beserta pada keluarganya, mengunjungi Makam berarti kita telah mengunjungi makam pendiri kota Pekanbaru. Balai Adat Riau, balai adat ini dibangun untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat Resam Melayu Riau, dan sekarang sering pula dimanfaatkan untuk pertemuan-pertemuan. Selain itu ada Istana Kerajaan Siak, kerajaan Siak Sri Indrapura adalah sebuah kerajaan Melayu Islam yang terbesar di Daerah Riau, mencapai masa jayanya pada abad ke 16 sampai abad ke 20.

No comments:

Post a Comment