Gempa yang terjadi di Padang dan Jambi diperkirakan masih akan terus berlanjut. Rentetan gempa diprakirakan akan bergerak ke arah utara Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan penelitian Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), yang diinformasikan pada para wartawan, Kamis (1/10/2009).

Bakosurtanal menyebutkan, potensi gempa akan terus terjadi dengan kekuatan sedang hingga besar. Hal ini dikarenakan adanya pergeseran tiga lempengan bumi yang saling menyesuaikan posisi, setelah patahan Sumatera bergesek.

Ahli Geodesi Tektonik Bakosurtanal, Cecep Subarya, menuturkan para peneliti dunia masih menganggap gempa sebagai hal yang misterius. Karena belum ada yang mampu mendeteksi waktu terjadinya gempa, selain mempercayai kearifan lokal dengan tinggal di lokasi yang layak, membangun dengan infrastruktur yang baik, serta masih meyakini gejala alam yang diperlihatkan oleh binatang atau gejala alam lainnya.

Sementara mengenai banyaknya korban jatuh saat terjadi gempa bumi dianggap sebagai tanggung jawab pemerintah. Karena pemerintah membiarkan penduduk tinggal di lokasi dan struktur yang salah

No comments:

Post a Comment