Air Terjun Dari Mentawai


Selama ini, mungkin orang mengira, pariwisata Mentawai hanya menyuguhkan keindahan pantai dan biota lautnya. Namun, lebih dari itu, di belantara Mentawai, rupanya tersimpan keindahan yang tak kalah indah. Hutan yang lebat beserta faunanya cukup mengagumkan. Selain itu, ada beberapa air terjun yang tak kalah memukau. Di antaranya, air terjun Kuluk Kubuk dan Bat Saumang. Objek wisata air terjun Kuluk Kubuk merupakan wisata air terjun yang berda di Desa Madobal yang letaknya di dalam hutan sekitar tiga kilo meter dari pemukiman penduduk Modabal. Wisata Air Terjun Kulu Kubuk ini Terletak di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Air Terjun Kulu Kubuk Mentawai terdiri dari dua tingkat dengan ketinggian yang mencapai 70 meter dan sangat cocok dijadikan pemandian alam yang menyegarkan. Hawa segar dengan air yang dingin serta perairannya yang dangkal mendukung keindahan air yang meluncur bebas dengan derasnya membuat wisata Air Terjun Kulu Kubuk Mentawai wajib dikunjungi dan dicoba untuk menaklukan rasa penasaran Air yang ada di Kulu Kubuk Mentawai ini. Dan untuk menuju ke lokasi Kulu Kubuk dapat menggunakan kendaraan speed boat kurang lebih sekitar 4 jam. Jika air pasang, perjalanan bisa lebih cepat. Namun jika air dangkal, perjalanan menjadi sangat lambat. Dengan waktu tempuh yang lama akan dibayar dengan keindahan air terjun yang tinggi dengan cupratan air yang dingin dan di tambah pemandangan yang indah dari tengah hutan membuat pemandian ini terasa akan berbeda. Mungkin ini akan menjadi pengalaman pertama anda merasakan air terjun yang dingin di tengah hutan.
Walau wisata air terjun Kulu Kubuk berada di tengah hutan dengan banyak pohon di sekitarnya namun kawasanwisata air terjun Kulu Kubuk ini sangat bersih, karena setiap daun yang jatuh di kawasan ini akan langsung terbawa arus yang deras dari air terjun Kulu Kubuk Mentawai. Anda tidak usah khawatir arusnya tidak cukup deras untuk membawa anda hanyut bersama daun karena kawasan ini sudah sangat aman dari bahaya namun anda di wajibkan selalu berhati-hati.
Sementara, air terjun Bat Saumang tak kalah menarik untuk di kunjungi meskipun masih sangat alami dan belum di lengkapi fasilitas karena letaknya di pedalaman. Dengan kapal motor, membutuhkan waktu 10-12 jam dari Kota Padang Sumatera Barat untuk sampai ke Pulau Siberut, pulau terbesar di Kepulauan Mentawai. Di mana aliran air yang berada di Air Terjun Bat Soumang cukup deras dan berbahaya. Namaun bagi anda yang suka berpetualangan sejati tidak ada salahnya mencoba dan datang ke lokasi yang di kelilingi hutan rotan dan kayu besar.
Aliran air dari Air Terjun Bat Soumang juga cocok untuk di jadikan olah raga arung jeram di mana lokasi ini berada di Dusun Bulasat. Jika anda takut untuk mencoba derasnya Air Terjun Bat Soumang anda bisa hanya menikmati pemandangan yang ada di sini dengan percikan air terjun dan aliran air yang dingin. Walau di Air Terjun Bat Soumang belum ada fasilitas anda bisa menyewa penduduk untuk menjadi guide yang akan mengantar anda ke lokasi dan yang akan menjaga anda dari bahaya. Karena para penduduk yang ada di sekitar sudah terbiasa dengan derasnya air di sana

Kutip : Metro Padang pos

7 comments:

  1. Nice Post...
    Tolong mampir juga ya ke :
    ramdanieka.blogspot.com

    (Jangan Lupa Join Friendship)

    Salam Sahabat Blogger,
    Thx...
    :)

    ReplyDelete
  2. Midweek & regengroeten uit Brugge my friend...biep biep

    ReplyDelete
  3. Saya paling seneng liat air terjun sob... rilex rasanya :)

    ReplyDelete
  4. air terjun yang sangat indah ya sob :)

    ReplyDelete